refleksi

Dari sejak jaman dahulu, pijat dipercaya sebagai salah satu cara untuk menghilangkan capek, lelah, pegal dan nyeri pada tubuh.

Beragam variasi dan metode pijat bermunculan sekarang ini, di antaranya pijat refleksi yang mempunyai banyak peminat karena khasiat dan manfaat nya yang terbukti membawa banyak kebaikan untuk kesehatan tubuh.

Pijat refleksi adalah metode pijat tradisional yang berasal dari China, perbedaan paling mendasarnya ada pada cara dan metode pemijatan yang dilakukan, yaitu mengutamakan titik-titik tertentu pada bagian kaki, tangan dan telinga yang diyakini berhubungan langsung dengan saraf-saraf organ tubuh manusia.

Pijat refleksi tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, dibutuhkan sertifikasi dan pengalaman khusus untuk melakukannya, karena dapat mengakibatkan kesalahan yang fatal apabila di lakukan dengan cara yang salah, mengingat pemijatan refleksi ini langsung berhubungan dengan saraf organ tubuh seseorang.

BERBAGAI MANFAAT PIJAT REFLEKSI

  • Melancarkan peredaran darah

Ada satu titik di telapak kaki yang berhubungan langsung dengan jantung dan pembuluh darah dalam tubuh, hingga pada saat pijat dilakukan, akan sangat mempengaruhi dan memaksimalkan fungsi jantung untuk menerima dan memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

  • Mengurangi stress

Pijat refleksi dapat memicu tubuh menghasilkan serotonin, yaitu hormone yang menciptakan kebahagiaan dan mengurangi kecemasan, sehingga dapat mengatasi dan mengurangi stress.

  • Membantu meringankan sembelit

Sembelit dapat terjadi akibat stress berlebih dan pola hidup yang kurang sehat, refleksi di percaya dapat menimbulkan perasaan nyaman dan tenang yang akan membantu mengatasi sembelit.

  • Membantu proses recovery pasien stroke

Stroke terjadi akibat adanya penyumbatan atau pecah nya pembuluh darah. Terapi fisik dan pijat refleksi sangat baik dilakukan untuk pasien stroke karena dapat meningkatkan kemampuan gerakan pasien.

  • Membantu pengobatan kanker

Titik pijatan yang diberikan bagi pasien kanker akan membantu meningkatkan nafsu makan, mencegah kelelahan, gangguan tidur, gangguan pencernaan hingga mood sang pasien, hingga pasien merasakan rasa sakit yang berkurang.

  • Meredakan sakit kepala

Penelitian menunjukkan 80% pasian sakit kepala yang rutin melakukan pijat refleksi, dalam 3 bulan akan bisa terlepas dari ketergantungan penggunaan obat sakit kepala.

  • Melepaskan racun dari dalam tubuh

Pijat refleksi dapat meningkatkan fungsi kandung kemih dan mengurangi masalah pada saluran kemih sehingga membuat system toksisitas dalam tubuh jadi lebih baik untuk menghilangkan racun dalam tubuh.

  • Bagus dan baik untuk penderita diabetes mellitus type 2

Dengan melakukan pijat refleksi secara teratur dapat mengontrol kadar darah dan mengurangi komplikasi.

  • Mengatasi gangguan tidur

Pijat refleksi akan membuat tubuh lebih rileks dan menurunkan stress sehingga membuat tidur lebih baik.

  • Menurunkan tekanan darah

Pijatan pada beberapa titik tertentu dalam tubuh dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kecemasan dan meningkatkan mood positif.

  • Meningkatkan fungsi saraf

Pijatan saat refleksi dapat merangsang 7.000 ujung titik saraf yang berbeda, sehingga akan sangat membantu dalam merangsang saraf yang sensitifitasnya menurun akibat factor usia.

  • Mengatasi PMS dan menopause

PMS dan menopause biasanya disebabkan karena ketidakseimbangan hormone, jadi dapat dipastikan pijat reflesi dapat membantu mengatasi ketidakseimbangan hormone dalam tubuh.

  • Mengurangi kekakuan otot tangan dan kaki

Pijat refleksi dapat mengurangi rasa sakit pada otot, melatih otot lebih kuat dan mengurangi kekakuan pada otot tangan dan kaki, sehingga tidak mudah cedera.

KONDISI YANG TIDAK BOLEH DI PIJAT REFLEKSI

Ada segolongan orang dengan kondisi tertentu yang tidak boleh melakukan pijat refleksi  karena akan berdampak buruk apabila tetap melakukan nya, mereka adalah :

  • Orang yang sedang mengalami cedera kaki, seperti asam urat, peradangan, atau cedera lainnya.
  • Ibu hamil sebaiknya menghindari pemijatan, terutama di trimester pertama, karena pijatan yang salah dapat merangsang kontraksi bagi ibu hamil
  • Seseorang yang memiliki masalah atau riwayat pembekuan darah tidak dianjurkan melakukan pijat refleksi karena berpotensi mengakibatkan gumpalan darah di daerah jantung dan otak.

Bagi anda yang tertarik melakukan pijat refleksi, pastikan kondisi anda sehat dan boleh menerima pijatan, serta yang  terpenting percayakan pijat refleksi anda pada therapist yang berpengalaman untuk menghindari sebab-akibat yang tidak diinginkan.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2020 Keisha klinik

Log in with your credentials

Forgot your details?